Taman Nasional Teluk Cendrawasih, Papua

Uncategorized | May 28 | 2020 | No Comment

Taman Nasional Teluk Cendrawasih
photo via kembangwisata

Taman Nasional Teluk Cendrawasih menjadi taman laut terbesar dengan luas perairan sekitar 1.453.500 hektar yang membentang dari timur semenanjung Kwatisore hingga P. Rumberpon.  Dan merupakan tempat menyelam terbaik di Indonesia. Terumbu karang eksotis dengan kualitas terbaik di dunia ada di tempat ini. Selain itu, ratusan spesies ikan juga hidup disini. Kawasan ini menjadi rumah bagi populasi mega fauna seperti hiu paus, ikan duyung, lumba-lumba, penyu dan yang lainnya.

 

Taman Nasioanl Teluk Cendrawasih terletak di dua kabupaten yaitu Kabupaten Teluk Wondama, Prov. Papua Barat dan Kabupaten Nabire, Prov. Papua. Destinasi wisata di kawasan ini ada beragam seperti Pulau Rumberpon Pulau Nusrowi, Pulau Mioswar, Pulau Yoop dan yang lainnya. Journers juga bisa melakukan snorkelling atau diving di tempat ini. Selain itu journers juga bisa mengunjungi gua purbakala yang memiliki kerangka leluhur etnik Wandau dan mencoba pemandian air panas yang mengandung belerang tanpa garam di Pulau Moswar.

 

Journers yang ingin menginap dan menghabiskan banyak waktu di Taman Nasional Teluk Cendrawasih tidak perlu khawatir, karena kawasan ini terletak di lima wilayah dan 2 kabupaten maka journers tidak akan kesulitan untuk mencari penginapan. Durasi yang cocok untuk menjelajahi tempat ini bisa berkisar 3 hingga 4 hari karena akan ada banyak hal yang bisa journers lakukan selain menikmati keindahan alamnya, namun juga dapat belajar budaya papua yang menyenangkan dan menjadi pengalaman baru bagi journers.

Taman Nasional Teluk Cendrawasih
photo via instagram @rinisembiringg